CARA BUKA USAHA FOTOCOPY BAGI PEMULA :



Hallo Brosis, Sesuai judul diatas pada tulisan kali ini admin akan berbagi bagaimana sich cara buka usaha fotocopy bagi pemula. Yuk kita bahas ya..

1. Kenapa Harus Usaha Fotocopy :
  • Documentasi selalu dibutuhkan banyak orang
  • Tidak Basi
  • Competitor tidak banyak
2. Cutting Costs (Memotong Biaya) :
Cara ini sebetulnya bisa diterapkan bukan hanya untuk usaha fotocopy saja, akan tetapi bisa diterapkan disemua jenis usaha yang mau kita buka. Kenapa harus menggunakan cara ini, karena biasanya pemula sering terjebak bahwa membuka usaha diawal itu harus serba sempurna, misalnya tempat harus besar dan strategis, layout atau tata letak harus terlihat mewah, equipment atau peralatan harus serba baru, Stock barang harus banyak dan lainnya. Idealnya ya harusnya begitu, tapi untuk pemula apalagi dengan modal awal yang minim admin tidak menyarankan bahwa diawal buka usaha harus serba mewah atau sempurna.. Buka usaha itu ga perlu mewah ya, yang penting salesnya yang wahh?? He-he

Apa dampaknya kalau diawal buka usaha harus serba mewah atau sempurna : 
  • Modal yang dibutuhkan akan membengkak
  • Persiapan akan membutuhkan waktu yang lama
  • Menguras tenaga dan pikiran
  • Salah Fokus
  • Hilangnya Momentum
3. Mulailah Dulu Dari Rumah / Tempat Tinggal :
Lah ko buka usaha fotocopy dirumah? bukannya harus ditempat yang strategis.. dekat dengan sekolahan, atau perkantoran. Ya betul.. idealnya ya begitu, asalkan ada biaya untuk sewa tempatnya saja. Kecuali brosis tempat tinggalnya dekat dengan sekolahan dan perkantoran, bisa juga punya ruko atau kios sendiri, ya ga jadi masalah.. itu bisa langsung buka tanpa beban He-he.

Misalkan sewa tempat usaha dilokasi yang strategis biayanya 500Ribu/Bln, maka biaya yang harus dikeluarkan selama 1 tahun adalah 6 Juta, Jadi kalo kita memulainya dari rumah setidaknya brosis sudah memotong biaya 6 Juta untuk pertahunnya.

Tapikan kalo buka dirumah siapa yang mau belinya? Jangan Khwatir karena setiap produk itu pasti ada jodohnya, ada penjual  ya ada pembeli, ada penawaran ya ada permintaan..yakin saja usaha sampai He-he-he .

4. Sewa Mesin Fotocopy :
Beli mesin fotocopy diawal buka usaha memang diperlukan biaya yang tidak sedikit, tapi kalo keuangannya memungkinkan ya boleh - boleh saja. Untuk pemula dengan keuangan yang minim Admin pribadi cenderung menyarankan sewa saja dulu untuk solusinya, disamping memotong biaya diawal supaya tidak terjadi pembengkakkan biaya, brosis juga bisa mempelajari dulu cara kerja mesin fotocopy termasuk risiko risikonya, seperti biaya perawatan, sparepart, dan lain-lainnya.

Misalkan harga beli mesin fotocopy + Equipment Rp. 16,5 Juta, Bisa dibandingkan dengan harga sewa mesin fotocopy diawal cukup dengan Rp. 750 Ribu saja sudah bisa untuk memulai usaha.

5. Sementara Tanpa Karyawan :
Brosis, bagi pemula yang baru buka usaha fotocopy minimal 1 tahun pertama sebaiknya jangan langsung rekrut karyawan.. kenapa begitu, karena gaji karyawan itu termasuk biaya operasional yang pasti harus dikeluarkan Cost PerTime. Selain itu diawal buka usaha biasanya sales / penjualannya tidak begitu signifikan besarannya.. jadi terbayangkan maksudnya, gaji karyawan itu pasti.. sementara sales itu tidak pasti.. sesuatu yang pasti dibayar dengan yang tidak pasti maka risikonya ya subsidi Hehehe .

Itulah lima poin yang bisa di terapkan untuk membuka usaha fotocopy diawal, tentu saja cara yang admin jelaskan diatas sifatnya tidak baku.. brosis bisa cari dan menggali informasi lagi dari sumber yang lainnya.. supaya tidak asal action saat diawal mau buka usaha fotocopy .

Terimaksih.. Salam 🙏 😊 .

Postingan populer dari blog ini

KEUNTUNGAN RENTAL FOTOCOPY

GOAL BISNIS :

CARA BINGUNG BUKA USAHA :